Jumat, 21 Juli 2017

KULIAH UMUM WALIKOTA MAKASSAR



INIPASTI.COM, GOWA-
 Ada tiga julukan yang diutarakan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tentang anak muda Makassar. Danny dalam kuliah umum di Universitas Patria Artha, Jalan Tun Abdul Razak memberikan tiga julukan yakni pakacca’, ‘pa’geakkang’, dan ‘tale-talekang’ kepada anak muda makassar, Selasa (18/10/2016).
“Ada tiga ciri anak muda Makassar, ‘pakacca’, ‘pa’geakkang’, dan ‘tale-talekang’. Yang saya maksud anak muda Makassar di sini adalah semua anak muda yang tinggal di Makassar dan makan minum di tanah air Makassar. Jadi bukan cuma suku Makassar yah,” ucapnya saat memberikan kuliah umum di Universitas Patria Artha, Jalan Tun Abdul Razak, Selasa (18/10/2016).
Di mata orang nomor satu Makassar ketiga julukan tersebut (‘pakacca’, ‘pa’geakkang’, dan ‘tale-talekang’) adalah potensi yang harus diarahkan ke arah yang lebih positif. Menurutnya itu merupakan energi yang besar yang harus dikelola dengan baik.
“Jadi kalau ada yang demo, bagi saya, itu bukan demo, itu adalah energi besar yang belum dikelola dengan baik,” serunya di hadapan 300an Mahasiswa Baru.
Menurut mantan dosen Unhas ini, anak muda Makassar yang sering memodifikasi motornya menjadi bising. Knalpotnya dijadikan dua, ban yang dipasang adalah ban sepeda dan lain sebagainya. Yang menurut masyarakat anak muda itu ‘pakacca’, tapi menurut Danny itu adalah kreativitas yang harusnya bisa dimanfaatkan.
Untuk sifat kedua, ‘pa’geakkang’. Danny mengatakan itu adalah sifat kritis dan mempertahankan pendapat jika ia merasa benar. Kemudian, ‘tale-talekang’ ia nilai sebagai wujud percaya diri dari anak muda di hadapan teman-temannya. “Jadi ia bisa menguasai massanya sendiri,” tambahnya.
Olehnya itu, Wali Kota berlatar belakang arsitek ini menyiapkan generasi muda agar berinovasi. Lanjutnya, hal itu tentunya untuk menjadikan Makassar menjadi kota dunia. “Kita generasi sekarang ini tugasnya adalah menyiapkan generasi muda agar bisa maju,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar