Jumat, 21 Juli 2017

Perpustakaan Digital Universitas Patria Artha



Sudahkah anda baca buku hari ini?
Menurut data  survey UNESCO dari 61 negara,  minat baca masyarakat Indonesia berada di posisi 60 dengan persentase 0,0001%.  Pertanyaannya, berapa buku yang anda baca tiap bulan?
Jika membahas mengenai kata “Baca Buku”  bagi kebayakan orang yang pertama kali terbesit adalah sebuah kegiatan yang membosankan dan buang-buang waktu saja, lebih mirisnya lagi dengan kecanggihan teknologi kebayakan masyarakat khusunya Indonesia lebih tertarik dengan efek visual seperti gambar atau video. Salah alasan utama seseorang malas membaca buku karena tidak isi yang kurang menarik tersebut baik isi serta  tampilan fisik monoton, belum lagi merepotkan untuk dibawa bepergian.
Kasus diatas merupakan hal umum yang penulis jumpai di kalangan masyarakat. Sebenarnya untuk membaca buku tidaklah harus selalu dengan bentuk yang manual. Lalu dalam bentuk apa?
UPT Perpustakaan Universitas Patria Artha menyediakan Fasilitas layanan berbasis perpustakaan digital melalui penerapan software aplikasi SLiMS  (senayan library management sistem) yang dikembangkan oleh tim Pusat Informasi dan Humas Depertemen pendidikan nasional Republik Indonesia  yang dikenal dengan GPL v3 dan Eprints yang mempermudah pemustaka khusunya mahasiswa dalam pencarian koleksi buku, karya ilmiah dan jurnal. Tak hanya itu, pemustaka juga dapat membaca secara langsung koleksi elektronik  melaui komputer atau gadget pribadi mereka tanpa harus meminjam buku dalam bentuk fisik, istilah kerennya sih, buku elektronik (Ebook, M-Library, dsb).
 


Fasilitas digital library  Universitas Patria Artha dapat diakses melalui (library.patria-artha.ac.id) dan (eprints.patria-artha.ac.id). Tak hanya itu, bagi anggota perpustakaan Universitas Patria Artha dapat melalukan perpanjangan peminjaman koleksi secara mandiri sehingga tak perlu takut untuk dikenakan jatuh tempo keterlambatan pengembalian koleksi buku (denda) serta dapat melakukan reservasi koleksi buku yang diinginkan.

Bukan hanya itu loh,,, Repository perpustakaan Universitas Patria Artha juga telah terindeks di Indonesia Onesearch (http://onesearch.id/) Berdasarkan dari informasi database Indonesia Onesearch, saat ini terdapat 3,858,776 entri di dalam Indonesia OneSearch. Koleksi ini dikumpulkan dengan metode harvesting otomatis dari repositori milik organisasi mitra, yang berasal dari berbagai sektor. Artinya digital library perpustakaan Universitas Patria Artha telah mampu bersaing dengan seluruh digital library baik nasional maupun internasional. Melalui IOS, anda juga bisa mengakses e-resource internasional yang dilanggan.

Mengingat akan kebebasan akses file karya ilmiah, Perpustakaan Universitas Patria Artha juga menerapkan sistem non-plagiat dengan menggunakan aplikasi tes plagiat (Plagiarism Detector). Jadi tak usah khawatir, karya ilmiah yang anda akses di digital library UPA bebas plagiat.  Ingat!!! Menyontek itu korupsi, jadi mulai sekarang Ayo..!! Say No To Plagiat!!! And I Hate Corruption!!!.

Salam Literasi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar